SMK Mikael Surakarta

DIANPINSA 2024

Gladian Pimpinan Sangga adalah kegiatan dalam dunia kepramukaan yang ditujukan untuk anggota ambalan atau satuan penegak. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan serta kemandirian para Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Wakil Pimpinan Sangga (Wapinsa). Kegiatan ini mencakup pelatihan manajerial, teknik kepramukaan, dan kerja sama tim, serta memberikan pengalaman praktis dalam memimpin dan mengelola satuannya.

Kegiatan Gladian Pimpinan Sangga juga diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik dan melatih mental para peserta. Di antaranya ada games/permainan yang mengasah kekompakan, kecepatan dan ketepatan serta latihan berbicara di depan umum (orasi, pidato). Ini merupakan bagian penting dari pendidikan kepramukaan yang bertujuan untuk membekali anggota dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif di masa depan.

Lima orang siswa kelas XI bersama pembina Kak Sandro mengikuti Dianpinsa yang diadakan oleh Tim Kerja Kepramukaan Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Semarang (TKK MPK KAS)pada 6-8 Maret 2024di area Outbond Dolan Deso, Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selama 2 hari mereka mengikuti serangkaian kegiatan bersama para siswa dan siswi dari beberapa sekolah di wilayah KAS, seperti Kemah - Bakti Sosial - Pengembaraan - Api Unggun - Pentas Seni - Devile serta Materi Kepemimpinan dan Kepramukaan.

 

Penulis :

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri