SMK Mikael Surakarta

Pentingnya menerapkan PHBS

PHBS di sekolah sudah lama diterapkan berdasarkan imbauan dari Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Indonesia. Namun, di era new normal pandemi COVID-19 ini semakin digalakkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Lantas apa itu PHBS? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

PHBS atau singkatan dari kata Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan oleh kesadaran pribadi. Dengan begitu, keluarga dan seluruh anggotanya dapat menolong diri sendiri terhadap kesehatan dan memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. PHBS pada dasarnya adalah sebuah cara untuk berbagi pengalaman tentang perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok, ataupun masyarakat secara luas dengan komunikasi sebagai media informasi. Terdapat berbagai informasi yang bisa dibagikan, seperti materi edukasi untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat. Ada beberapa langkah gerakan PHBS di sekolah hingga tempat kerja, berupa edukasi melalui pendekatan pimpinan masyarakat, pembinaan suasana, dan pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut bermaksud untuk mengenal dan mengetahui masalah kesehatan yang ada di sekitar, terutama pada tataran rumah tangga yang menjadi awal untuk memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat.

Tujuan Utama PHBS

Tujuan utama dari PHBS adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui proses edukasi atau pemberian informasi. Ini menjadi awal dari peran serta individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terwujudnya masyarakat yang sadar kesehatan, pengetahuan, dan perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Selasa, 20 September 2022

SMK Mikael turut menanamkan PHBS kepada para siswa melalui kegiatan webinar PHBS dengan narasumber : DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum dari Dr Tan & Remanlay Institute dan Liza Marielly Djaprie - Satgas Perubahan Perilaku.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa dapat menerapkan PHBS di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggal mereka masing-masing.

Artikel diambil dari  : https://doktersehat.com/informasi/kesehatan-umum/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-di-sekolah-bantu-lawan-wabah-covid-19/

 

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri