SMK Mikael Surakarta

SMK MIKAEL MENJALIN KERJASAMA DENGAN DTECH ENGINEERING

Selasa, 15 Juni 2021

Inovasi Teknologi terus bermunculan dan berkembang sangat pesat saat ini. Beberapa inovasi teknologi yang telah dan masih dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia terbukti sangat membantu kehidupan umat manusia. Kita dapat melihat kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) telah menemani keseharian manusia, seperti pada smartphone atau ponsel pintar, mobil cerdas dan rumah cerdas (smart home) misalnya yang bisa bereaksi atas kebutuhan pribadi pemiliknya. Rekayasa genetika dan berbagai inovasi dalam bidang kesehatan telah banyak dilakukan di negara maju seperti Amerika Serikat. Era modern juga ditandai dengan makin canggihnya teknologi perangkat pencetak tiga dimensi (3D printer) yang mampu menciptakan berbagai komponen dengan bentuk yang sangat rumit sekalipun.

Engineering and Technology atau Teknologi dan Rekayasa di bidang pemesinan adalah bidang yang telah dipilih oleh SMK Mikael Surakarta dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi di Indonesia. Mulai tahun ini SMK Mikael ingin “naik kelas”. Setelah menyandang predikat sebagai SMK Pusat Keunggulan dan sukses menerapkan Teaching Factory, dalam urusan bisnis, sekolah tidak ingin hanya sekedar menerima job order dari industri rekanan tetapi berharap mampu menciptakan produk sendiri.

Bekerjasama dengan DTech Engineering, perusahaan teknologi dengan segudang prestasi, seperti menjadi pemenang dalam perlombaan 3D Printing Challenge dengan desain jet engine bracket yang diselenggarakan General Electric (GE, AS) pada tahun 2013. Selain itu juga pernah menjadi jawara di ajang kompetisi internasional Global Challenge di tahun 2017, yaitu membuat alat untuk menginspeksi bagian dalam mesin jet. Perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa ini juga telah mengerjakan proyek desain teknologi untuk pasar global, seperti teknologi drone, kereta, hingga pesawat, dengan ratusan proyek dari 150 lebih mitra di lebih dari 30 negara.

Dengan adanya kerjasama ini SMK Mikael berharap dapat semakin mengembangkan diri sebagai salah satu sekolah kejuruan yang unggul di Indonesia dalam hal Sinkronisasi kurikulum dengan industri, pembuatan komponen, pengembangan produk unggulan serta upgrading kompetensi Guru dan Laboran, khususnya dalam merancang produk-produk baru melalui kegiatan pelatihan / magang.

Home
Berita
Kontak
Galeri