SMK Mikael Surakarta

Bazar Sekolah

Pembelajaran tidak hanya melulu dilakukan di dalam kelas oleh satu orang Guru, namun dapat juga dilakukan dengan metode kolaborasi antar mata pelajaran. Di sini 1 atau lebih kompetensi dasar dari tiap mata pelajaran diambil kemudian digabung menjadi sebuah projek yang pada akhirnya nanti memunculkan nilai dan menjadi nilai dari setiap mata pelajaran yang dikolaborasikan.  

Pembelajaran kolaborasi antar mapel memiliki beberapa tujuan, antara lain : mempermudah peserta didik di dalam memahami suatu topik, mendorong peserta didik untuk lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan sebuah produk, mengurangi beban kerja siswa dan juga guru karena beberapa mata pelajaran digabung untuk menghasilkan 1 nilai, mempercepat tercapainya tujuan pembelajaran, serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa.

Para siswakelas X di SMK Mikael juga mengikuti pembelajaran kolaborasi di sekolah. Beberapa guru mengkolaborasikan mata pelajaran yang mereka ampu menjadi sebuah kegiatan bazar. Dalam kegiatan ini, para siswa menjajakan produk berupa barang dan makanan. Mata pelajaran yang dikolaborasikan dalam kegiatan bazar ini adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Jawa.

Para siswa sangat antusias melaksanakan kegiatan ini, karena selain mendapat nilai mereka juga mendapat uang dari hasil penjualan produk.

 

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri