SMK Mikael Surakarta

LKTD MICO 61

Sabtu-Minggu, 27 – 28 Januari 2024

Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) merupakan bagian dari formasi (pembentukan) karakter dari Kesiswaan yang wajib diikuti oleh siswa dan siswi Kelas X di SMK Mikael. Kegiatan LKTD bertujuan untuk melatih kemandirian, kerja keras, sifat pantang menyerah, solidaritas, kepemimpinan dan lain sebagainya.

LKTD untuk Mico 61 mengambil tema “Brother in arms reborn”, dengan lokasi di Kabupaten Karanganyar, mulai dari daerah Karangpandan hingga Matesih. Para siswa dan siswi dibagi ke dalam 20 kelompok. Pk. 07.00 seluruh siswa dan siswi telah bersiap di Sport Center untuk penjelasan dan pengecekan barang-barang. Mereka harus memecahkan teka-teki terlebih dahulu sebelum diberangkatkan. Setelah pengecekan selesai dan teka-teki berhasil dipecahkan, seluruh siswa dan siswi diangkut menggunakan kendaraan menuju ke drop zone (titik awal). Kegiatan dimulai dengan berjalan kaki melewati 5 jalur yang berbeda. Setiap jalur diisi 4 kelompok. Di setiap jalur terdapat 4 pos perhentian, dan di setiap pos terdapat sandi/games yang harus diselesaikan.

Menjelang sore, para siswa tiba di pos terakhir yaitu Balai Desa Jengglong di Matesih. Seluruh siswa dan siswi beristirahat sebentar kemudian bersama para orang tua asuh yang merupakan warga desa Jengglong mereka menuju ke tempat bermalam.

Keesokan harinya, seluruh siswa dan siswi mengikuti refleksi yang dipandu oleh Ibu Carolina Made Dahlianti, lalu merayakan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Romo Alfonsus Ardi Jatmiko, SJ. Setelah Perayaan Ekaristi, mereka kembali ke tempat tinggal masing-masing lalu berkumpul di area kebun dan persawahan yang telah ditentukan untuk mengikuti kegiatan outbond.

Penulis : Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri