SMK Mikael Surakarta

Penyelarasan Kurikulum TeFa

Sabtu, 6 November 2021 SMK Katolik Santo Mikael Surakarta mengadakan kegiatan workshop bersama DUDIKA dalam rangka Penyelarasan Kurikulum Pembelajaran Teaching Factory. Sebagai narasumber kali ini sekolah mengundang PT DTECH INOVASI INDONESIA (Dtech Engineering) yang telah berpengalaman dalam mendesain produk hingga membuat mesin CNC, dengan customer perusahaan-perusahaan besar dari dalam negeri hingga ke luar negeri.

Pada kesempatan ini hadir staf marketing dan engineering yang dipimpin sendiri oleh CEO Dtech Engineering, yaitu Arfian Fuadi. Dalam workshop yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam, Diky Yosa selaku sales manager menyampaikan bagaimana Dtech Engineering berproses dari mulai merancang produk hingga menghasilkan produk jadi yang siap digunakan. Diky juga menyampaikan bagaimana situasi perkembangan dunia saat ini, khususnya di bidang teknologi.  Salah satunya adalah bahwa jumlah mesin CNC per kapita mendukung daya saing dan produktivitas suatu negara. Hal ini terlihat pada grafik penggunaan mesin CNC di beberapa negara maju. Dalam grafik terlihat bahwa negara dengan jumlah mesin CNC terbanyak menunjukkan daya saing dan produktivitas yang tinggi dalam kancah perekonomian dunia. Oleh karena itu Revolusi Inovasi di Indonesia perlu dilakukan, sambungnya.

Lebih lanjut lagi, Dtech Engineering menyatakan kesiapannya bekerjasama dengan sekolah untuk mengembangkan lini produksi dan inovasi agar sekolah lebih mampu bersaing dan mampu menjawab tuntutan dunia usaha dan industri.

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri