SMK Mikael Surakarta

LKTD

 
Sabtu – Minggu, 11 – 12 Februari 2023
SMK Mikael menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) bagi siswa kelas X. Di bawah koordinasi tim Kesiswaan dibantu para Guru dan siswa kelas XI. LKTD kali ini dilaksanakan full di luar sekolah dengan mengambil lokasi di daerah Matesih, Karanganyar.
Siswa kelas X yang berjumlah 127 orang dibagi menjadi 12 kelompok dan harus menempuh perjalanan kurang lebih 12 km untuk memulai kegiatan LKTD. Kelompok 1 – 4 mengikuti rute Jalur 1 yaitu Delingan – Karangbangun. Kelompok 5 – 8 menempuh Jalur 2, yaitu Bangsri – Karangbangun sedangkan kelompok 9 – 12 menempuh Jalur 3 dengan rute Karangpandan – Karangbangun.
 
Sabtu, 11 Februari 2023
Pk. 09.00 seluruh panitia dan peserta telah bersiap di sekolah. Dipandu oleh para siswa kelas XI, siswa-siswa harus memecahkan sandi yang pertama sebelum berangkat, yaitu Secret Treasure: menemukan kotak rahasia. Rombongan diberangkatkan jika seluruh kelompok telah berhasil memecahkan sandi tersebut.
Di setiap jalur ada 4 pos perhentian. Di setiap pos, peserta harus menjalankan berbagai tugas dari panitia. Jika tidak berhasil maka ada konsekuensi yang harus diterima oleh seluruh anggota kelompok. Keberhasilan menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar akan mempengaruhi lama perjalanan yang harus ditempuh. Pukul 18.00, seluruh peserta telah tiba di pos terakhir, yaitu di Kantor Kelurahan Karangbangun, Matesih, Karanganyar. Dari sini, para siswa berjalan menuju balai desa Jengglong untuk bertemu dengan para warga desa yang akan menampung mereka sampai esok hari.
 
Minggu, 12 Februari 2023
Kegiatan diawali dengan refleksi dan Perayaan Ekaristi.
Setelah sarapan, semua Guru dan siswa menuju area ladang dan persawahan di dekat rumah Romo Martin untuk melaksanakan kegiatan di hari kedua. Di hari kedua ini, setiap kelompok harus menyelesaikan 6 games, yaitu Rantai Naga, Kaki 1000, Lawang Sewu, Jump Frog, Karpet Terbang dan Bola Merdeka. Melalui kegiatan LKTD ini para siswa dilatih dalam hal kekompakan, kedisiplinan dan kerjasama yang akan sangat dibutuhkan sebagai bekal dalam kehidupan mereka di masa depan.
 
Penulis : Andre Wahyu
 
 
Home
Berita
Kontak
Galeri