SMK Mikael Surakarta

Sarasehan Kelas XII

 
Sabtu – Minggu, 4 – 5 Maret 2023
SMK Katolik Santo Mikael Surakarta mengadakan kegiatan Sarasehan bagi para siswa Kelas XII. Mengambil lokasi di Tawangmangu, Karanganyar, kegiatan Sarasehan berlangsung mulai Sabtu sore hingga Minggu siang dengan pendampingan dari Tim Kesiswaan dan para Wali Kelas.
Sarasehan merupakan salah satu agenda rutin kesiswaan yang dilaksanakan di semester kedua. Dalam kesempatan ini, sekolah menghadirkan alumni dan perwakilan dari orang tua untuk berbagi pengalaman dengan siswa Kelas XII yang akan segera mengakhiri pendidikannya di SMK Mikael. Di hari pertama, para orang tua membagikan pengalaman kehidupannya mulai dari sejak muda, bekerja, hingga berkeluarga dan bermasyarakat. Pengalaman ini penting untuk dibagikan kepada para siswa, karena mereka kelak juga akan menempuh hidup berkeluarga dan bermasyarakat. Dengan adanya sharing pengalaman ini, diharapkan para siswa menyadari akan keberadaan dirinya dan tantangan ke depan yang akan mereka hadapi.
Para alumni membagikan pengalamannya ketika dulu mereka menempuh pendidikan di SMK Mikael hingga akhirnya mereka mampu meraih kesuksesan seperti saat ini. Kiat-kiat usaha disampaikan kepada para siswa terkait pemilihan jenjang karir di perusahaan maupun wirausaha. Jatuh bangun yang dialami di awal masa-masa bekerja atau membangun perusahaan juga diceritakan kepada para siswa.
Setelah mendengarkan sharing dari alumni dan orang tua, para siswa menikmati makan malam bersama dengan wali kelas. Sesudah makan, para siswa melakukan Correctio Fraterna. Siswa dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Di dalam kelompok kecil ini mereka secara bergantian bercerita tentang situasi, kondisi, kesulitan dan hambatan dalam belajar yang sedang dialami masing-masing. Kemudian teman menanggapi dan memberi saran terkait kesulitan yang dihadapi tersebut. Setiap siswa menuliskan Correctio Fraterna di buku refleksi masing-masing.
Kegiatan di hari pertama diakhiri dengan acara bakar-bakar. Berbagai makanan seperti bakso, sosis, nuget, jagung dan sebagainya yang dibawa dari rumah segera naik ke atas panggangan kemudian disantap bersama-sama. Suasana santai, penuh keakraban dan canda tawa mewarnai malam minggu Mico 58 kali ini di lereng Gunung Lawu.
Di hari kedua, setelah mandi dan sarapan, para siswa berkumpul bersama Wali Kelas masing-masing untuk membangun komitmen kelas. Segala permasalahan yang ada di kelas dikupas dan dibicarakan bersama. Solusi untuk mengatasi permasalahan di kelas dibicarakan dan disepakati bersama. Dan pada akhirnya, setiap kelas menuliskan Komitmen Kelas di atas selembar kertas yang akan mereka pegang hingga kelulusan nanti.
Selamat mempersiapkan pertandingan terakhirmu, Mico 58!
 
Penulis : Andre Wahyu
Home
Berita
Kontak
Galeri