SMK Mikael Surakarta

Pelepasan Mico 58

SMK Katolik St Mikael Surakarta menggelar acara pelepasan siswa kelas XII, tahun pelajaran 2022/2023 pada hari Jumat, 5 Mei 2023, dengan mengusung tema “Togetherness leads to Success”. Acara ini berlangsung di Sport Center SMK Mikael mulai pk. 15.00 – 19.00 WIB.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Antonius Triyanto, M.Pd. melaporkan hasil Ujian Sekolah yang diikuti oleh siswa kelas XII sebanyak 171 siswa, semuanya lulus. Hasil ini disambut dengan tepuk tangan dari seluruh siswa dan hadirin.

Pengumuman Kelulusan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

Kepala Sekolah, Bp. Stepanus Maryata, M.Pd dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada seluruh siswa dan orang tua yang hadir atas kelulusan Mico 58. Kepala sekolah menceritakan kembali pembelajaran Mico 58 selama bersekolah di Mikael, situasi sekolah saat pandemi covid 19, suka dan duka yang dialami anak-anak selama 3 tahun. Kepala sekolah berharap semoga bekal ilmu kompetensi ilmu dapat dibawa ketika bekerja, melanjutkan kuliah maupun berwirausaha. Kelulusan bukanlah tahap akhir, tetapi awal untuk proses berikutnya. Kepala sekolah mengajak Mico 58 untuk belajar sepanjang hayat, dan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan almamater.

Sambutan Kepala Sekolah

Ketua Yayasan Karya Bakti Surakarta, Pater V. Istanto, SJ dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mico 58 mengawali tahun pertama di Mikael dengan tidak mudah, dilakukan dengan banyak keterbatasan, tetapi hari ini mengakhirinya dengan sukacita. Pater Is menyampaikan bahwa esensi Kurikulum Merdeka adalah mengetahui kebutuhan dasar (belajar) para siswa, caranya adalah dengan melakukan diagnosis sejak awal. Ini sejalan dengan salah satu ciri pendidikan Jesuit yaitu Cura Personalis. Pater memberikan ucapan selamat kepada para lulusan. Semoga berkat dan sukses menyertai para alumni sekarang dan di waktu mendatang. Pater Is mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan putra-putranya untuk mengenyam pendidikan di SMK Mikael, sekaligus mohon maaf jika pelayanan dari sekolah belum sepenuhnya memenuhi harapan semua pihak.

Sambutan Ketua Yayasan

Dalam kesempatan ini, sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Romo Alfonsus Ardi Jatmiko, SJ memberikan apresiasi kepada para pengurus OSIS dan siswa-siswa berprestasi di bidang non akademis.  Farrell Hendry Rismanto, Bonifasius Dyas Novena Putra, Naufal Panduyono dan Carlo Octavianus Li sebagai pengurus OSIS periode 2021/2022 menerima piala penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala Sekolah.

Penghargaan selanjutanya ialah Michael Awards, diberikan kepada :

Competence Award : Deogratsias Jevon – XII TP4

Conscience Award   : Bonifasius Dyas Novena Putra – XII TPGM

Compassion Award : Carlo Octavianus Li – XII TP4

Commitment Award: Yogatama Radik Hanindya Putra – XII TP3

Sport Award             : Antonius Leo Wibowo - XII TP 4

Art Award                 : Hizkia Anindito Krisnugroho

Magis Award            : Carlo Octavianus Li – XII TP4

 

Penghargaan tertinggi dan paling prestisius, yaitu Michael Warrior – dimana profil lulusan secara konkrit tampak dalam pribadi siswa yang memperolehnya, diberikan kepada Carlo Octavianus Li – XII TP4. Pater Istanto memberikan penghargaan tersebut.

Setelah menerima penghargaan, Carlo memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan terima kasih mewakili Mico 58.

Penerima Michael Awards

 

Di sela-sela acara, hadirin dihibur dengan persembahan lagu-lagu dari Tim ekstrakurikuler Paduan Suara dan penampilan Band kolaborasi guru dan siswa yang membawakan lagu-lagu populer.

Mewakili orang tua Mico 58, Bp. Sugeng Santoso menyampaikan ucapan terimakasih kepada sekolah atas  proses pendidikan yang telah diselenggarakan oleh SMK Mikael. Para orang tua juga menitipkan pesan dan harapan kepada semua alumni agar terus belajar.

Acara pelepasan Mico 58 diakhiri dengan foto bersama setiap kelas dengan Kepala Sekolah dan Wali Kelas masing-masing.

Mico 58, jos jos josss!

 

Penulis : Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri