SMK Mikael Surakarta

IGNATIAN PARENTING

Dalam dunia pendidikan formal, ada tiga unsur yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu peserta didik, orangtua, dan sekolah. Tiga unsur ini memusat pada peserta didik yang menjadi objek di dalam pendidikan. Sebagai objek pendidikan, peserta didik berhak mendapatkan berbagai macam cara maupun model pendidikan dari sekolah dan orang tua mereka. Di satu sisi, sekolah memiliki peranan dan tanggung jawab yang kuat di dalam mendidikan peserta didik selama menjadi murid di sekolah. Di sisi yang lain, orangtua tetap memiliki tanggung jawab yang tidak kalah besarnya dengan sekolah dalam mendidik anak mereka di rumah. Menariknya, masing-masing orangtua memiliki perspektif dan cara mendidik yang beragam dan benar menurut pandangannya sendiri-sendiri. Perspektif dan cara mendidik mereka pun belum tentu sama dengan apa yang dihidupi oleh sekolah.

Beragamnya perspektif dan cara mendidik orangtua juga dapat menimbulkan kesalahpahaman dengan pihak sekolah dalam mendidik peserta didik. Kesalahpahaman ini dapat menyebabkan adanya ketidakoptimalan dan ketidakmaksimalan sekolah dalam mendidik peserta didik. Dalam mendidik peserta didik, sekolah tetap membutuhkan bantuan dan dukungan dari orangtua. Salah satu cara tersebut adalah dengan menyamakan perspektif dan cara mendidik orangtua dengan perspektif dan cara mendidik yang dihidupi oleh sekolah. Dengan perspektif dan cara mendidik yang sama dan berjalan beriringan ini, diharapkan pendidikan yang didapatkan oleh peserta didik, baik di sekolah dan di rumah saling berkesinambungan dan berjalan beriringan.

Dalam rangka menyelaraskan perspektif pendidikan orang tua dengan sekolah, SMK Mikael mengadakan kegiatan Ignasian Parenting. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan cara bertindak spiritualitas Ignatian yang terimplementasikan dalam karya Pendidikan Serikat Yesus kepada orangtua, dan menyamakan pandangan dalam mendidik peserta didik antara sekolah dan orangtua dalam terang spiritualitas Ignatian.

Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 20 September 2023 mulai pk. 17.30-19.30 WIB di Aula Petrus Faber SMK Katolik St. Mikael dengan narasumber Romo Ag. Setyodarmono, SJ. Beliau adalah seorang pastor yang telah malang melintang di dunia formasi calon imam (seminari dan novisiat) serta spiritualitas Ignatian.

 

Penulis : Andre Wahyu

Sumber berita : Kesiswaan SMK Mikael

Home
Berita
Kontak
Galeri