SMK Mikael Surakarta

5R

5R itu apa sih?

5R atau 5S adalah suatu metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang berasal dari Jepang yang digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan/tempat kerja secara menyeluruh.

Di Jepang : SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE

Di Indonesia :

  1. Ringkas, merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktivitas kerja.
  2. Rapi, segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat diperlukan.
  3. Resik, merupakan kegiatan membersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik
  4. Rawat, merupakan kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi tahap sebelumnya.
  5. Rajin, pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahapan.

Sumber : https://dinkesjatengprov.go.id/

Dalam rangka meningkatkan kenyamanan, memelihara kerapian dan keteraturan di sekolah, dan juga sebagai bagian dari budaya kerja, SMK Mikael mengadakan seminar 5R bagi semua Guru dan Karyawan, dengan narasumber Bpk Heru. Secara singkat dijelaskan kembali tentang arti 5R dan bagaimana cara melakukannya. Pada kesempatan ini, Pak Heru juga menyampaikan potensi2 perbaikan di lingkupan SMK Mikael yang dapat dilakukan demi meningkatkan efektifitas kerja dan kenyamanan warga sekolah.

Yuk, kita terapkan 5R di lingkungan sekitar kita!

 

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri