SMK Mikael Surakarta

LUSTRUM SMK MIKAEL XII

Tahun 2022, SMK Mikael memasuki usia ke-60. Bukan lagi usia muda, namun mencerminkan eksistensi sekolah dalam perannya di dunia pendidikan kejuruan di Indonesia.

Serangkaian acara untuk memeriahkan Lustrum XII digelar sejak bulan Maret hingga Oktober 2022, dirancang oleh panitia yang terdiri dari Guru, alumni dan rekanan.

Periode Maret hingga April diadakan Novena, Lomba SMP, Seminar Alumni dan Liputan Majalah Hidup. Bulan Mei diisi dengan Lomba internal bagi siswa SMK Mikael yang diberi nama Mico Festival.

Juni hingga Juli diadakan kegiatan Pelatihan Master CAM bagi Guru-Guru SMK. Di bulan September, Pengurus OSIS dan perwakilan siswa SMK Mikael bersama Pengurus OSIS SMU Ursulin Surakarta mengadakan kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan Beth San.

Acara Puncak digelar pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022. Sejak pk. 14.00 WIB suasana kampus mulai ramai dengan kehadiran alumni. Setelah registrasi, para alumni melakukan reuni dengan teman seangkatan dan para Guru yang pernah mengajar mereka.

Dipandu oleh Andra, Sas dan Sari sebagai host, acara puncak dimulai dengan booth tour yang menyediakan berbagai barang hingga makanan dan minuman. Kemudian, perwakilan alumni angkatan 1 hingga 60 mengikuti lomba balapan menggergaji. Alumni yang telah berusia lanjut nampak senang karena dapat mengenang kembali waktu mereka praktik kerja bangku dahulu. Hadiah yang ditawarkan berupa uang tunai justru ditambahi oleh para pemenang lomba dan dikembalikan ke panitia sebagai beasiswa bagi para siswa yang sedang menempuh pendidikan di SMK Mikael.

Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menggalang donasi on the spot adalah lelang mesin shaper dan simonet. Mesin shaper jatuh ke angkatan 10 sedangkan mesin simonet jatuh ke tangan Pak Sugija, alumni angkatan 28.

Suasana sore semakin meriah dengan adanya hiburan live music yang menyanyikan lagu2 yang pernah hits di tahun 90 an hingga era 2000an.

Pk. 19.00 seluruh hadirin menuju ke Sport Center Kolese Mikael. Acara di Sport Center adalah sambutan-sambutan, penyerahan beasiswa dan student loan, kenang-kenangan dan diakhiri dengan pertunjukan sendratari persembahan Guru dan Siswa SMK Mikael berkolaborasi dengan siswa SMK N 8 Surakarta.  Sendratari bercerita tentang perjalanan SMK Mikael dari mulai awal berdiri hingga saat ini.   

Semoga dengan semakin bertambahnya usia, SMK Mikael dapat semakin berperan banyak dalam memajukan pendidikan vokasi di Indonesia dan semakin banyak yang dapat mengenyam pendidikan berkualitas di SMK Mikael.

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri