SMK Mikael Surakarta

Compassion Week

Compassion merupakan salah satu nilai dari 4 keutamaan inti (4C)  yang ditanamkan kepada setiap siswa SMK Mikael Surakarta. Selain melalui kegiatan sehari-hari, penanaman jiwa compassion atau kepedulian sosial bagi para siswa kelas XI dan XII secara serentak dilaksanakan pada hari Senin – Jumat, 10 – 14 Oktober 2022 dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Compassion Week.

Para siswa Kelas XI mendapat tugas melakukan kegiatan sosial di tempat-tempat ibadah dan di fasilitas umum sekitar tempat tinggal mereka, sedangkan kelas XII dikirim ke Panti Sosial, SLB dan Panti Werda di wilayah Surakarta, Yogyakarta hingga Semarang. Secara berkelompok, para siswa Kelas XI membantu membersihkan masjid dan gereja, mulai dari mengelap kaca, hingga mengepel lantai, juga membersihkan selokan. Siswa Kelas XII membantu pengurus yayasan merawat para orang tua, anak-anak berkebutuhan khusus hingga orang dengan gangguan jiwa, merasakan kerasnya kehidupan kaum lemah dan ekonomi bawah seperti pengamen dan pemulung. Pekerjaan yang dilakukan di panti sosial mulai dari menyiapkan makan oma dan opa, mengajak bermain anak2 berkebutuhan khusus dan cacar ganda, bahkan beberapa ada yang membantu memandikan.

Kegiatan ini diadakan dengan harapan para siswa SMK Mikael tumbuh tidak hanya kompeten dalam bidang pemesinan, tetapi juga memiliki welas asih, rasa hormat kepada orang tua, dan juga mampu untuk mensyukuri apa yang mereka miliki.

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri