SMK Mikael Surakarta

Sarasehan Kelas XII

Sabtu – Minggu, 17 – 18 Februari 2024

Kelas XII mengikuti kegiatan Sarasehan bersama Wali Kelas. Sarasehan mengambil tempat di 5 vila di daerah Tawangmangu. Dalam kegiatan sarasehan, seperti biasanya sekolah menghadirkan perwakilan dari orang tua dan alumni untuk berbagi cerita dan pengalaman di tiap-tiap kelas. Orang tua berbagi pengalaman dan refleksi mengenai hidup kerja, kuliah, dan keluarga, mulai dari pergulatan sampai pilihan yang diambil. Alumni berbagai pengalaman dan refleksi mengenai hidup kerja dan kuliah, mulai dari pergulatan sampai pilihan yang diambil.

fokus sarasehan adalah menentukan langkah hidup selanjutnya (kerja atau kuliah) dan membangun komitmen bersama dalam konteks dinamika pembelajaran. Para siswa membuat komitmen kelas yang akan disepakati hingga akhir masa studi di SMK Mikael, bahkan ada pula kelas yang membuat kesepakatan hingga mereka lulus nanti. Topik yang dibahas dalam membangun komitmen kelas di antaranya apa keprihatinan di kelas yang tidak mendukung suasana belajar dalam kelas dan hal-hal yang membuat siswa tidak berkembang dalam membentuk karakter sebagai siswa Mikael? Lalu, solusi-solusi macam apa yang sekiranya membantu untuk mencapai tujuan tersebut?

Salah satu kegiatan dalam sarasehan adala Corectio Fraterna. Dalams sesi ini, secara bergantian para siswa menyampaikan disposisi diri, kemudian memberi penilaian terhadap siswa lain. Selanjutnya para siswa memberikan tanggapan dan membuat rencana bagi diri masing-masing.

Penulis : Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri