SMK Mikael Surakarta

KUNJUNGAN KEPALA SMK CoE (CENTER OF EXCELLENCE)

Rabu, 21 Oktober 2020

Hari ini SMK Mikael menerima kunjungan dari Kepala SMK penerima bantuan Program Pusat Keunggulan (Center of Excellence/CoE) 2020 se-Provinsi Jawa Tengah. Sebagai SMK yang terpilih menjadi Pusat Keunggulan, sekolah harus memiliki beberapa indikator sekolah CoE, di antaranya yaitu sarana prasarana, bengkel, laboratorium dan peralatan yang memenuhi standar industri, pembelajaran dengan jadwal blok serta memiliki atau menghasilkan produk-produk unggulan. Dalam hal ini SMK Mikael ditunjuk oleh Dinas pendidikan provinsi Jawa Tengah sebagai pioner dan sekaligus benchmarking untuk SMK-SMK CoE di Jawa Tengah di bidang teknologi.

Jumlah tamu sebanyak 56 orang dibagi dalam 2 kelompok. Pk 08.00 WIB kelompok pertama tiba di sekolah dan langsung mencuci tangan, menjalani pemeriksaan suhu, masuk bilik disinfektan, mengisi lembar deklarasi kesehatan dan diwajibkan untuk selalu memakai masker. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di lingkup sekolah untuk mencegah penyebaran covid 19.

Acara dimulai dengan ucapan selamat datang oleh Bp. Albertus Murdianto selaku Kepala Sekolah. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas kehadiran para kepala sekolah dan pengawas di SMK Mikael Surakarta. Setelah itu Wakasek Bidang Humas dan Hubin, Bp. Yohanes Margono membagi peserta ke dalam beberapa kelompok kecil yang akan didampingi oleh segenap guru dan staf untuk melihat fasilitas SMK, yaitu  laboratorium praktik gambar, bengkel praktik pemesinan dan ruang praktik Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Selama kunjungan berlangsung, para kepala sekolah SMK CoE mendapatkan informasi yang lengkap tentang sarana prasarana, SDM, model pembelajaran, penyusunan jadwal blok, budaya kerja serta sistem manajemen mutu yang diterapkan di SMK Mikael sehingga dapat menjadi Pusat Keunggulan dalam bidang teknik. Beberapa dari Kepala Sekolah yang hadir sempat diwawancara oleh pihak sekolah dan secara terbuka memberi apresiasi kepada SMK Mikael yang telah berhasil menjadi Pusat Keunggulan sekolah menengah kejuruan. Pada kesempatan ini para peserta juga mendapat kesempatan untuk berkunjung di bengkel praktik Politeknik ATMIdan melihat aktivitas produksi di PT ATMI IGI dan PT ATMI SOLO yang merupakan satu atmosfer dunia teknik di lingkup Kolese Mikael Surakarta dan menjadikan SMK Mikael (benar-benar) Link dan Match dengan dunia industri.

Kunjungan berakhir sekitar pk 09.30 dan peserta langsung menuju ke bis untuk melanjutkan perjalanan.

Sayonara

 

 

Penulis : Wahyu Jatmiko

Home
Berita
Kontak
Galeri