SMK Mikael Surakarta

STUDI BANDING TEFA SMK N NUSAWUNGU

Kamis, 8 April 2021

Hari ini SMK Mikael menerima tamu Kepala Sekolah beserta staf dan beberapa Guru dari SMK N Nusawungu, Cilacap. Rombongan yang berjumlah 16 orang tiba di kampus Mikael sekitar pk 09.00 WIB diterima oleh Bp. Y. Margono dan Bp. Fendy Wijarwanto selaku Waka Bidang Humas Hubin dan Staff. Setelah melewati pos pemeriksaan suhu dan bilik disinfektan, rombongan melakukan tur ke Lab Praktik Mesin SMK dan Lab Praktik Politeknik ATMI, dilanjutkan melihat aktivitas produksi di PT ATMI Solo dan PT ATMI IGI Center.

Selesai tur, rombongan menuju ke Aula Petrus Faber dan disambut oleh Bp. Albertus Murdianto, M.Pd selaku Kepala Sekolah. Bapak Kepala Sekolah menyambut baik kedatangan Ibu Kepala SMK N Nusawungu beserta rombongan dan berharap dengan adanya pertemuan ini dapat mengikat tali persaudaraan.

Selanjutnya, Kepala Sekolah SMK N Nusawungu, yaitu Ibu Sri Windiarti, S.Pd, M.Pd memperkenalkan satu persatu rombongan yang beliau bawa hari ini. Ibu Sri Windiarti  menyampaikan tujuan kedatangan rombongan ke SMK Mikael, yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan kejuruan terkait penerapan metode pembelajaran, sarana prasarana, pengembangan Teaching Factory (Tefa) dan Sistem Manajemen Mutu dalam rangka mengembangkan sekolah berbasis keunggulan di SMK N Nusawungu yang beliau pimpin.

Beliau juga menyampaikan kekagumannya terhadap SMK Mikael setelah melihat secara langsung suasana di sekolah yang berada satu lokasi dengan industri dan perguruan tinggi, serta Tefa di SMK Mikael yang telah berjalan dengan sangat baik, didukung sistem yang baik dan lingkungan sekolah yang sangat mendukung proses pembelajaran.

Dalam kesempatan ini anggota rombongan juga menyampaikan kesan, dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di SMK Mikael. Waka bidang Humas SMK N Nusawungu memberikan pernyataan bahwa lingkungan belajar seperti di SMK Mikael inilah yang diharapkan oleh Dirjen Vokasi, yaitu ada sinergi antara sekolah dan industri. Beliau berharap bisa belajar banyak dari SMK Mikael untuk meningkatkan kemampuan sekolah dan menginginkan adanya kerjasama lebih lanjut dalam hal Implementasi Tefa.

Pada kesempatan ini pihak SMK Mikael menyampaikan sedikit gambaran tentang implementasi Tefa di SMK Mikael, bagaimana cara membuat jadwal pelajarannya, khususnya jadwal blok praktik, bagaimana cara memetakan materi kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa, bagaimana perencanaan dari awal sampai akhirnya siswa dapat menghasilkan produk, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, Bapak Albertus Murdianto selaku Kepala Sekolah menyampaikan kesediaan sekolah untuk bekerjasama dengan SMK N Nusawungu untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam penerapan Teaching Factory di SMK N Nusawungu Cilacap.

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri