SMK Mikael Surakarta

Diseminasi SMK PK

Kamis, 24 Maret 2022

SMK Mikael Surakarta sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di Kota Surakarta menjadi salah satu tuan rumah dalam kegiatan Diseminasi SMK PK yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah.

Seluruh SMK Negeri dan Swasta di Kota Surakarta dibagi dalam 7 kelompok Sekolah Sasaran dengan 1 SMK PK sebagai narasumber. SMK Sasaran bagi SMK Mikael adalah SMK PGRI 1 Surakarta, SMK Santo Paulus Surakarta, SMK Purnama Surakarta, SMK Muhammadiyah 4 Surakarta, SMK Farmasi Nasional. Surakarta, dan SMK Pancasila Surakarta.

Kegiatan diseminasi SMK PK ini dibagi ke dalam 4 kelas sebagai berikut :

  1. Kelas Umum, dengan materi  “Kurikulum Merdeka”, disampaikan oleh Pengawas SMK Bp. Drs. Sulistyo Budiwahyono, M.Pd.
  2. Kelas Kepala Sekolah, dengan materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan dan Konsentrasi Keahlian, disampaikan oleh Bp. Drs. St. Maryata, M.Pd.
  3. Kelas Waka Kurikulum, dengan materi : Pembelajaran PjBL, Profil Pelajar Pancasila, Perangkat Ajar dan Asesmen, disampaikan oleh Bp. Antonius Triyanto, SE, ST
  4. Kelas Penjaminan Mutu, dengan materi : Instrumen Penjaminan Mutu, Dokumen Mutu, Aplikasi Penjaminan Mutu, disampaikan oleh Ketua TPMS Bp. Drs. A Sagana Mulyanta.

Tujuan diadakannya kegiatan diseminasi ini adalah untuk berbagi informasi terkait sistem pembelajaran yang diselenggarakan oleh Sekolah yang telah berlabel Pusat Keunggulan kepada sekolah-sekolah lain (sekolah sasaran) agar sekolah sasaran tersebut juga dapat mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolahnya masing-masing.

Dengan demikian diharapkan pembelajaran di SMK, khususnya di Kota Surakarta dapat terus maju dan berkembang selaras dengan kebutuhan Dunia Industri dan Dunia Kerja.

 

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri