SMK Mikael Surakarta

REGENERASI CONCILIO PERIODE 2023-2024

Para pelajar merupakan generasi muda yang mempunyai posisi paling penting dalam regenerasi suatu lapisan masyarakat ataupun suatu bangsa. Sehingga para generasi mudalah yang akan menyambut tongkat estafet kepemimpinan dalam suatu bangsa, kemudian menjadi para pemimpin yang akan mengembangkan dan memajukan bangsa ini. Generasi muda membutuhkan wadah atau sarana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga mereka mendapatkan bekal yang cukup untuk digunakan di kemudian hari.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah bagi seluruh siswa untuk mengaplikasikan semua potensi yang dimiliki dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa, baik bersifat internal atau eksternal, misalnya pengabdian kepada masyarakat.

OSIS sebagai salah satu organisasi yang berada dalam lingkungan sekolah memegang peranan penting dalam pembinaan dan pengembangan potensi yang dimiliki siswa. Kegiatan siswa dalam OSIS sangat positif karena selain dapat mengembangkan potensi siswa, juga secara tidak langsung dapat mengurangi kegiatan siswa yang sifatnya tidak efektif, atau kurang bermanfaat.

Untuk melanjutkan kelangsungan OSIS diperlukan kesinambungan kepengurusan yang memadai, agar organisasi ini tetap dapat berjalan sesuai fungsi dan tujuannya. Oleh karena itu terbentuknya Pengurus OSIS di SMK Mikael yang memiliki sebutan Concilio Periode 2023/2024 merupakan suatu keharusan agar terjadi regenerasi secara berkesinambungan.

Kegiatan Regenerasi Concilio dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Wawancara, Latihan Dasar Kepemimpinan dan Malam Keakraban.

Wawancara

Wawancara merupakan tahap pertama untuk menyaring calon Concilio Periode 2023/2024. Wawancara ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang calon Concilio dan motivasi mereka mau menjadi calon-calon Concilio.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

LDK merupakan tahap kedua untuk menyaring calon Concilio Periode 2023/2024.Pada tahap ini calon-calon Concilio mendapat materi tentang Kepemimpinan dari Pembina OSIS dan Pendalaman 4C dari Romo Pamong. Selain itu, para calon Concilio juga diberi kesempatan untuk beradu gagasan melalui Rancangan Program Kerja dan Debat yang telah disiapkan sedemikian rupa oleh para Concilio aktif. Setelah melalui tahapan ini akan terpilih 9 orang calon Concilio.

Malam Keakraban (Makrab)

Makrab diikuti oleh 9 siswa peserta calon Concilio yang lulus tahap seleksiWawancara dan LDK. Kegiatan Makrab bertujuan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan kepada calon Concilio dan memberi bekal tentang keorganisasian agar calon Concilio dapat melaksanakan tugasnya dengan baik setelah dilantik.Selain dua hal tersebut, malam keakraban juga menjadi wadah untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan calon Concilio baru. Dengan demikian diharapkan saat menjalani masa jabatan nantinya dapat selalu kompak dan seiring sejalan.

Waktu & Tempat Pelaksanaan

No

Kegiatan

Waktu

Tempat

1

Wawancara

Sabtu, 28 Oktober 2023

SMK St. Mikael Surakarta

2

Latihan Dasar Kepemimpinan

Sabtu – Minggu , 4-5 November 2023

SMK St. Mikael Surakarta

3

Malam Keakraban

Sabtu – Minggu , 18 – 19 November 2022

Wisma Jojo, Ds. Cengklik, Boyolali

 

Penulis : Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri