SMK Mikael Surakarta

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Online

Sabtu, 11 Juli 2020

NEW AGE RAISES, menjadi tema pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di awal tahun pelajaran 2020 - 2021 ini. Para siswa baru yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah secara virtual dari rumah masing-masing. Tujuan dari kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh seluruh siswa baru ini adalah untuk melatihkan semangat 4C, mengenalkan adat dan tradisi sekolah, mengenalkan siswa pada lingkungan belajarnya serta memperkenalkan siswa kepada para tenaga pendidik dan kependidikan di SMK Katolik St Mikael Surakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari hari Kamis, 9 Juli s.d Sabtu, 10 Juli diisi dengan berbagai kegiatan menggunakan berbagai media yang sudah populer di kalangan para siswa seperti grup WhatsApp, Youtube, Google Drive dan Instagram. Selain menyimak beberapa tayangan video tentang lingkungan sekolah dengan berbagai fasilitas yang ada, siswa baru juga dituntut untuk berperan aktif dengan mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh panitia, seperti menyanyikan Mars Mikael dan Bendera Mikael, membuat tas dari kain, membuat masker, dan sebagainya. Di tetiap akhir kegiatan siswa bersama guru pendamping melakukan eksamen dan refleksi atas kegiatan yang telah dijalani.

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah secara virtual ini menjadi pengalaman baru bagi para siswa dan juga panitia yang terlibat mengingat situasi dan kondisi masyarakat yang masih berada dalam masa pandemi global covid 19. Semoga walaupun secara jarak jauh, kegiatan MPLS ini dapat memberikan gambaran yang cukup kepada siswa baru akan sekolah mereka serta dapat meningkatkan motivasi siswa baru untuk menekuni studi di SMK Katolik St Mikael tercinta.

Penulis : Wahyu Jatmiko

Home
Berita
Kontak
Galeri