SMK Mikael Surakarta

PEMASARAN DIGITAL

Teman-teman, kalau mendengar kata – kata Digital Marketing atau Pemasaran Digital, kalian tau ga artinya?

Menurut beberapa sumber yang penulis baca, Digital Marketing atau Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek atau produk atau bisa juga jasa dengan menggunakan media digital. Media digital yang populer sekarang ini, kayak Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya menjadi alat yang ampuh untuk memasarkan sebuah produk karena hampir semua orang dari anak SD sampai orang tua sekarang ini tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Bangun tidur buka hape, makan sambil pegang hape, belajar lewat hape, pesan bakmi aja sekarang juga bisa pake hape, bener nggak?

Di era serba digital saat ini, pemasaran lewat media digital memang sangat penting. Calon penumpang taksi di jalan misalnya, kini sudah tidak mengarahkan perhatiannya lagi ke angkutan taksi yang lewat di jalan. Mereka cenderung menggunakan ponsel pintarnya untuk memesan jasa transportasi melalui aplikasi. Penjual pakaian tidak hanya mengandalkan hasil jualannya di toko konvensional saja, tetapi menggunakan aplikasi online market

 

 

Gambar diambil dari Froggy ads

Itulah juga yang dilakukan oleh SMK Mikael untuk mengenalkan sekolah kepada calon pelanggannya, yaitu siswa SMP Kelas IX dan para orangtuanya. Pada hari Senin, 17 Mei 2021 Tim Humas Hubin bersama Tim Content Creator mengundang Mas Dicky Yosa, expert dari INMARKET – Marketing Industries untuk belajar tentang pemasaran digital. Kebetulan beliau alumni Politeknik ATMI yang sekarang memiliki perusahaan di bidang jasa pemasaran digital.

Menurut Mas Dicky, dua langkah utama dalam pemasaran digital adalah 1) Riset Pasar dan 2) Desain produk. Riset pasar sangat perlu dilakukan untuk mengetahui minat para calon siswa (calon pelanggan). Setelah mengetahui minat calon pelanggan, maka desain produk, konten yang relevan, dan sebagainya dapat dibuat menyesuaikan dengan hasil riset pasar tersebut. Desain produk yang menarik akan membuat calon pelanggan menjadi tertarik untuk mengetahui lebih dalam, membandingkan dengan produk yang serupa dan akhirnya menentukan pilihan. Harapan dari sekolah tentunya pilihan akhirnya jatuh pada SMK Mikael.

Tidak kalah penting dalam hal pemasaran adalah Branding. Apa brand atau slogan atau iming-iming dari sekolah yang akan disampaikan kepada calon pelanggannya? Setelah lulus bisa langsung bekerja? Mampu membuka usaha atau berwirausaha? atau yang lainnya? Dua faktor utama plus branding tadi menjadi pijakan utama dalam pemasaran digital. Setelah ketiganya diperoleh maka kita tinggal pilih produk kita mau kita pasarkan dimana.

Penulis,

Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri